Masukkan Kode Menu Di Sini

SELAMAT MEMBACA ! SELAMAT MEMBACA ! SELAMAT MEMBACA ! SELAMAT MEMBACA ! SELAMAT MEMBACA !

Senin, 10 Desember 2012

hukum Pascal,Archimedes dan Boyle

Hukum Pascal, Archimedes, Boyle


HUKUM PASCAL :
Hukum ini dikemukakan oleh Blaise Pascal. Deskripsinya sederhana : Tekanan yang diberikan dari luar kepada zat cair dalam keadaan tertutup besarnya sama dan menuju ke satu arah. Secara teoritis, rumusnya adalah :
F1/A1 = F2/A2
Dimana F adalah besar tekanan yang diberikan kepada alas A. Untuk F satuannya harus Newton dan A harus Meter persegi. Hati-hati, kalau pada soal diberikan satuan cmpersegi, harus diubah ke meter persegi.
Penerapannya adalah pada dongkrak hidrolik yang ada di bengkel itu lho, yang gunanya untuk menaikkan mobil bila ada kerusakan di bagian bawahnya. Yang kedua adalah pompa air.

HUKUM ARCHIMEDES :
Hukum ini dikemukakan oleh Archimedes tentunya, yang ketemu secara tiba-tiba saat beliau mandi. Setelah ketemu, malah meneriakkan 'Eureka! (Saya telah menemukannya!) sambil berlari dijalanan sambil telanjang.....
Bunyi hukumnya adalah : Bila ada benda ber-massa yang dicelupkan di dalam air, akan mendapatkan tekanan keatas yang sama dengan besar massa air yang ditumpahkan. Dengan cara ini, Archimedes bisa mengetahui apakah mahkota Raja Hiero II sungguh-sungguh terbuat dari emas murni atau tidak. Rumusnya adalah :
Fa = p(rho) x g x V
Dimana : Fa = tekanan ke atas (sat. Newton)
p = massa jenis cairan
g = gaya gravitasi bumi
V = volum yang tercelup.
Penerapannya yang sederhana adalah ketika Anda renang : kalau tenggelam pasti akan terangkat ke atas kan? Itulah hukum Archimedes. Sementara yang lain adalah kapal selam, juga ada kendaraan amfibi, dll.

HUKUM BOYLE:
Seperti biasa, yang menemukan adalah Robert Boyle. Bunyinya yang terutama adalah : Bila berat jenis gas adalah konstan, maka hasil kali antara tekanan dan massanya (massa biasa, bukan massa jenis) adalah konstan pula, dengan artian sama. Maka dari hal diatas dapat di simpulkan rumus seperti ini :
P1 x V1 = P2 x V2
Dimana : P1 = tekanan awal
P2 = tekanan akhir
V1 = volume awal
V2 = volume akhir
Penerapannya yang paling sederhana adalah pompa ban sepeda dan mobil. itu menerapkan hukum boyle. Yang lain juga ada, misalnya katup gas pada industri gas dan PLTU. Begitulah kira-kira.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Pengikut